Sukses

Masa Nifas

15 Jan 2019, 12:53 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok sy baru sj melahirkan 2minggu lalu . tapi di darah sy sudah tidak keluar . ini tadi sy pakai pembalut masi bersih . apakah kemungkinan bisa keluar darah lg?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai masa nifas melalui fitur Tanya Dokter.

Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Mengenai apakah darah masih bisa keluar lagi, tentunya hal itu tidak bisa kami pastikan. Bisa saja masih keluar lagi, namun mungkin jumlahnya tidak banyak karena sempat terhenti. Bisa juga darah nifas memang sudah berhenti keluar sama sekali.

Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi. Pada wanita yang tidak memberikan ASI kepada bayinya, 80% akan mendapatkan menstruasinya kemabali dalam 20 minggu setelah melahirkan. Pada wanita yang memberikan ASI kepada bayinya, proses kembalinya menstruasi akan berlangsung lebih lambat. Meskipun demikian, tidak menyingkirkan pula bahwa seorang wanita dapat mengalami menstruasi kembali dalam 1 bulan setelah melahirkan, karena proses menstruasi diatur oleh kadar hormon di dalam tubuh dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar