Sukses

Pelembap untuk Kulit Sensitif
13 Jan 2019, 07:10 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat siang dokter kira kira pelembab apa yang cocok untuk kulit sensitiv ? apa boleh memakai krim baby ?

Terima kasih telah bertanya tentang Pelembap untuk Kulit Sensitif melalui fitur Tanya Dokter

Kulit sensitif adalah kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang,sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit.

Berikut cara menjaga kulit sensitif :

  • Hindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa
  • Hindari mandi menggunakan air panas
  • Hindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrubatau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk)
  • Gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar
  • Hindari tindakan mengamplas kulit yang kering, karena tindakan tersebut justru akan membuat kulit menjadi tebal, kasar hingga luka
  • Konsumsi air putih minimal 1.5 liter per hari
  • Perhatikan keseimbangan asupan nutrisi harian Anda.

Untuk pelembap, gunakan produk yang mengandung zat seperti petrolatum, lanolin, gliserin, sorbitol, sodium hyaluronate. Zat-zat tersebut telah terbukti dapat menahan air lebih lama dan lebih banyak di kulit sehingga membantu menjaga kelembapan kulit.

Bila pelembap bertekstur krim masih kurang melembapkan, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan minyak untuk wajah (facial oil). Beberapa jenis minyak yang diketahui dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit sensitif adalah argan oil, grapeseed oil, almond oil, jojoba oil, dan marula oil. Namun karena teksturnya yang padat, sebaiknya gunakan produk minyak ini dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk melihat respons kulit Anda.

Selain itu, hindari penggunaan pelembap yang mengandung wewangian tambahan dan alkohol. Pewangi dalam produk perawatan kulit umumnya merupakan pencetus utama iritasi kulit.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Pelembap untuk Kulit Sensitif. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar