Sukses

Anak Menangis Sampai Membiru

11 Jan 2019, 14:11 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok anak saya usia 1 th. Diusia 9bln dia pernah dipaksa digendong dengan paman nya,tapi anak saya ketakutakan dan nangis sampai terisak tiba² badan nya lemas terus bibir membiru dok. Bisa di bilang sampai pingsan karna tidak bergerak lagi. Dan setelah usia setahun, itu kejadian lagi dok,saat anak saya jatuh dan nangis terisak bibir membiru langsung tidak sadar lagi dok.. Apakah ada masalah pada anak saya dok

Terima kasih telah bertanya tentang Anak Menangis Sampai Membiru melalui fitur Tanya Dokter

Anak yang membiru waktu menangis bisa saja anak Anda terkena Penyakit Jantung Bawaan atau PJB yang jenis biru (sianotik). PJB ini terjadi karena darah yg "kotor" dari seluruh tubuh menyebrang masuk ke daerah darah bersih yg akan beredar ke seluruh tubuh. Tanda2nya adalah tampak warna biru pada bibir, lidah, gusi, ujung jari tangan dan kaki. Terutama saat menangis maka warna biru ini akan lebih jelas. Hati2 bila ketemu bayi yg tampak semburat kebiruan di sekitar mulutnya saat menangis, bisa jadi suatu PJB sianotik. Awalnya biru hanya jelas saat menangis, tapi makin lama makin jelas meski bayi tidak menangis pun terlihat biru. Bayi dg PJB kompleks bisa mengalami biru yg hanya samar-samar lho. Apalagi kalo bayi itu anemia, maka birunya tak begitu jelas. Catatan: Bedakan dgn breath holding spell, yaitu anak yg nangis ngadat sampai menahan napas lama lalu tampak biru. Di luar itu anak tak biru. Yg begini bukan PJB.

Breath Holding Spell (BHS) terjadi pada 1 dari 20 anak dan dimulai pada usia 6-18 bulan. Pada sebagian besar kasus, BHS berhenti ketika anak mencapai usia 4-5 tahun walaupun sebagian tetap mengalaminya hingga dewasa.

Episode BHS hanya berlangsung kurang dari 1 menit dan biasanya dipicu oleh kondisi yang membuat anak takut, terkejut, marah, atau kesakitan. Biasanya anak akan menangis yang kemudian tiba-tiba berhenti pada fase mengeluarkan nafas dan wajahnya berubah menjadi pucat keabuan atau kebiruan dapat dapat kehilangan kesadaran sementara.

Untuk memastikan penyebab biru pada Anak anda sebaiknya konsultasikan masalah Anda pada dokter spesialis jantung Anak untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan diterapi secepatnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Anak Menangis Sampai Membiru. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar