Sukses

Apakah Minyak Ikan Aman untuk Ibu Hamil?

11 Jan 2019, 14:11 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok apa benar kalau mengonsumsi minyak ikan hati kod didalam susu hamil bisa menyebabkan cacat pada bayi...

Terima kasih telah bertanya tentang Minyak Ikan untuk Ibu Hamil melalui fitur Tanya Dokter

Boleh saja mengkonsumsi vitamin yang mengandung minyak ikan untuk perkembangan otak janin. Adapun keamaan untuk minyak ikan sendiri tergantung dari komposisi lainnya selain kandungan EPA dan DHA pada masing- masing suplemen. Apakah Anda juga mengonsumsi jenis vitamin lainnya? Sebaiknya Anda melihat isi dan kandungan vitamin yang hendak Anda beli dan sedang dikonsumsi (bila ada). Hal ini bertujuan agar dosis vitamin tidak berlebihan. Bila Anda ragu, sebaiknya Anda mengkonsultasikan vitamin yang hendak Anda beli dengan dokter spesialis kandungan Anda.

Sebagai informasi, vitamin dan mineral dibutuhkan untuk perbaikan sel tubuh. Vitamin dan mineral banyak terdapat dalam makanan, sayur-sayuran hijau  dan buah-buahan, akan tetapi umumnya makanan sehari-hari belum dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian, terutama pada ibu hamil yang membutuhkan nutrisi ekstra. Karena itu memang dianjurkan bagi ibu hamil mendapat tambahan vitamin dan mineral setiap hari. Minyak ikan mengandung EPA (omega-3 fatty acids eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang secara alami dapat diperoleh dari ikan yang mengandung lemak, salmon, tuna, atau sardin.

Ibu hamil juga membutuhkan kalori ekstra dibandingkan yang tidak hamil, yang digunakan untuk pertumbuhan bayi dan perangkat tambahan lainnya untuk mendukung kehamilan, misalnya plasenta, dan sel plasma darah.

Kebanyakan seorang perempuan dewasa butuh 2100 kalori, yang berasal dari karbohidrat, protein dan lemak, sedangkan untuk perempuan hamil dan laktasi membutuhkan tambahan 700 kalori. Kalori tambahan diperlukan untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Asupan gizi ibu hamil yang baik mendukung bayi tumbuh sehat dengan cakupan berat badan saat lahir dalam 38-40 minggu dalam kisaran 2500 sampai 4000 gram. Bayi dikategorikan berat badan lahir rendah, bila berat kurang dari 2500 gram dan dikategorikan besar jika berat diatas atau sama dengan berat 4000 gram.

Evaluasi apakah kehamilan seorang ibu sehat atau kurang sehat juga bisa dilihat dari meningkatnya penambahan berat badan ibu dari sebelum hamil. Selain itu, juga dapat dilihat dari tingginya dalam ukuran puncak rahim dari dari tulang kemaluan (simpisis pubis). Normalnya tambahan berat badan selama kehamilan adalah dalam kisaran 7-12 kg, sedangkan kisaran tinggi puncak rahim dari tulang kemaluan dengan kisaran 32-40 sentimeter.

Kemudian ada beberapa zat yang utama dikonsumsi oleh ibu saat hamil muda diantaranya asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan untuk mencegah gangguan pertumbuhan otak dan selaput selubung saraf jabang bayi, misalnya pertumbuhan sistem saraf yang tidak sempurna. Dosis asam folat yang dianjurkan adalah 400 microgram perhari, dan secara umum kandungan asam folat dalam multivitamin ibu hamil mengandung 600 sampai 1000 microgram asam folat.

Zat yang juga penting adalah zat besi dalam pil penambah darah atau lebih dikenal dengan tablet besi (sulfas ferosus). Obat ini bertujuan untuk membuat kadar hemoglobin dalam darah ibu hamil dalam batas normal yakni 11 gr. Bila  kadar kurang dari 11 dikatakan ibu hamil kurang darah atau anemia. Anemia membuat kemampuan darah ibu mengikat kadar oksigen kurang, yang berpotensi mengganggu pertumbuhan bayi. Di lain keadaan, bila ibu kurang darah membuat daya mengedan ibu saat bersalin kurang baik, sehingga proses persalinan dapat memanjang atau terganggu. Keadaan ini membuat bayi lama di dasar panggul, sehingga bayi berisiko mengalami kekurangan oksigen. Keadaan suplai oksigen yang kurang dalam waktu lama bagi otak dapat mengganggu kecerdasan bayi. 

Selanjutnya zat kalsium, yang dibutuhkan untuk menguatkantulang dan gigi baik untuk ibu maupun bayinya, bila kadar asupan kurang, maka kebutuhan kalsium diambil dari tulang ibu, sehingga berpotensi membuat tulang ibu jadi keropos atau osteoporosis. Kalsium juga berperanan membuat sruktur sel saraf,otot dan sistim sirkulasi darah menjadi sehat. Decosahexoenoic acid (DHA) dalam asam lemak omega 3, juga merupakan suplemen tambahan yang dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung berkembangnya otak dan mata bayi, dosis DHA yang dianjurkan adalah 200 mg perhari.

Masih banyak vitamin lain yang dibutuhkan dan sering diberikan saat ibu hamil berobat ke dokter akan tetapi beberapa jenis yang kami jelaskan diatas adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seorang ibu hamil. Komunikasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang memeriksa istri Anda untuk tata laksana yang paling tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Minyak Ikan untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar