Sukses

Gatal, bentol membesar dan membanyak
10 Jan 2019, 15:09 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saya mau tanya, saya selalu gatal dan itu bisa hampir setiap hari. Dan muncul bentol, bentol itu kalau digaruk bentol itu besar dan tambah banyak. Kira kira itu penyakit apa ya dok? Oh iya dan satu lagi saya ada gatal di daerah selangkangan, apa itu juga yg memicu gatal yg hampir tiap hari saya alami?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Mohon maaf kami belum dapat memberikan diagnosis pasti atas gejala Anda karena kurangnya data dari wawancara medis dan dibutuhkan pemeriksaan fisik. 

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.  

Sebaiknya, Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk keluhan tersebut sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan peyebab dari keluhan Anda dapat ditangani. 

Dari keterangan yang Anda berikan kemungkinan Anda mengalami urtikaria

Apakah gatal-gatal dan bengkak cepat timbul, menghilang perlahan, berwarna pucat, kemerahan, dan meninggi di permukaan kulit ? Apabila iya kemungkinan yang Anda alami adalah urtikaria atau biduran. Biduran dapat dicetuskan oleh berbagai penyebab, antara lain:

  • Obat : penisilin, sulfonamid, hormon, dll
  • Makanan : telur, ikan, kacang, udang, coklat, keju, tomat, arbei, babi, keju, bawang,dan semangka. Bahan yang dicampur dengan ragi, asam benzoat, asam nitrat
  • Gigitan serangga
  • Serbuk sari bunga, spora jamur, debu, bulu binatang
  • Kutu binatang,serbuk tekstil, air liur binatang, kosmetik
  • Faktor panas, faktor dingin, radiasi, faktor tekaanan seperti pakaian ketat, emosi
  • Infeksi
  • Genetik
  • Penyakit lain seperti limfoma, hipertiroid, radang sendi

Untuk menangani masalah ini Anda dapat menggunakan obat minum golongan antihistamin seperti CTM, loratadin, dan cetirizine ketika gejala muncul. Selain itu menghindari pencetus yang telah disebutkan di atas penting sebagai usaha pencegahan menghindari pencetus. Kondisi ini dapat memberat apabila disertai dengan pembengkakan di dalam saluran pernapasan yang menyebabkan gangguan pernapasan yang dapat membahayakan nyawa. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar