Sukses

Tanda-tanda keguguran
10 Jan 2019, 12:13 WIB
Wanita, 34 tahun.

Selamat pagi dok, pertanyaan saya saya pernah telat 12 hari, tapi gk langsung tespek, saya langsung makan nanas dan minum minuman yang bersoda, slma bbrpa hari, alhasil pinggang saya panas, dan perut bawah saya kram,stlh bbrpa hari itu saya lngsng haid apakah sya itu udh hamil dok, saya lakukan tespek stlah saya makn nanas, dn minum yg bersoda hasilnya negatif. Dengan cara apa buat mengetahui bahwa benar ketika itu saya hamil, dan keguguran. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar tanda-tanda keguguran menggunakan fitur Tanya Dokter.

 

Keguguran atau abortus adalah kematian janin dalam kandungan yang berumur kurang dari 20 minggu.

Penyebab keguguran ada bermacam-macam diantaranya adalah:

- Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)

- Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibu

- Penyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyakit tiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.

- Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.

- Kelainan hormonal

- Dapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stres

- Trauma/cedera pada kehamilan

Gejala yang sering timbul pada keguguran kehamilan muda adalah perdarahan terus menerus tanpa atau disertai gumpalan daging dari janin, kram perut yang terjadi lama dan semakin memberat, kram perut. Untuk memastikan nya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter dan melalui USG melihat apakah masih ada janin di dalam rahim Anda. Bila Anda merasa khawatir, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar tanda-tanda keguguran. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar