Sukses

Kista dan Positif Hamil
10 Jan 2019, 11:07 WIB
Wanita, 35 tahun.

Halo dok saya putu umur 35 tahun menikah. Terakhir saya haid tgl 3 maret-8 maret 2018. Tapi seminggu kemudian tepatnya tgl 15 maret saya haid lagi dok bahkan berlangsung sampe hari ini tgl 15 april 2018. Sebulan sudah dok saya haid. Kemarin saya cek ke rumah sakit saya cek darah dan cek usg. Hasil usg saya dinyatakan saya ada kista tp hasil darah saya dinytakan saya hamil dok. Nah dok apa mungkin saya ini sekrang hamil? Tapi hasil usg saya terlihat adanya kista. Mohon penjelasannya dok biar saya lebih tenang. Apa mungkin kista memperngaruhi tes kehamilan dok. Mkasi dok

Terima kasih telah bertanya seputar kista dan positif hamil melalui fitur Tanya Dokter.

 

Kami memahami kekhawatiran anda. Untuk pemeriksaan darah beta-HCG yang menyatakan bahwa anda hamil, apakah dengan pemeriksaan USG didapatkan kista saja atau disertai pula dengan adanya kandung kehamilan? Pada sebagian individu yang hamil juga bisa saja terdapat kista pada rahim sebelumnya. 

Apakah posisi kista tersebut di rahim atau di ovarium? Kista rahim dalam medis disebut dengan kista endometrium atau endometrioma atau kista cokelat. Kista jenis ini terbentuk dari adanya endometriosis. Sedangkan endometriosis sendiri adalah suatu penyakit dimana jaringan endometrium yang normalnya terdapat di uterus/rahim ternyata juga terdapat di bagian lain. Selama perjalanannya, kista dapat terus berkembang dan dapat menjadi sebesar buah anggur.

Gejala yang mungkin dirasakan sangat bervariasi; mulai dari tidak ada gejala hingga rasa keram yang hebat saat menstruasi, nyeri saat bersenggama atau nyeri selama pergerakan usus. Jika kista endometrium robek, maka isinya akan keluar ke rongga panggul, dan dapat menyebabkan perdarahan dalam. Keadaan ini selanjutnya dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut yang kemudian menimbulkan rasa sakit dan permasalahan dalam infertilitas/kesuburan.

Sedangkan Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang . ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional.

Pertumbuhan kista dapat dipengaruhi sistem hormonal. Penanganan pada kista dapat dilakukan dengan tindakan operasi. Kami sarankan anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai kondisi anda.

Apakah yang dikatakan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai jenis kista anda? Jika kista yang terdapat pada rahim Anda tidak membahayakan kesehatan Anda dan janin yang Anda kandung, jika memang diperlukan tindakan pengangkatan kista dapat ditunda hingga janin lahir.

 

Demikian informasi kami sampaikan mengenai kista dan positif hamil. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar