Sukses

Menghitung usia kehamilan
09 Jan 2019, 22:15 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hai dokter... nama saya rina Saya mau nanya cara menghitung usia kehamilan dengan benar. karena saya belum paham?

Terima kasih telah bertanya seputar menghitung usia kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut  HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Contohnya, jika hari pertama haid terakhir Anda jatuh pada tanggal 3 Mei 2018, lalu pada tanggal 12 Juni usia kehamilan sudah 5 minggu 5 hari. 

Anda juga dapat menghitungnya di sini: https://www.klikdokter.com/pages/kalender-kehamilan

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda jika memang terbukti terjadi kehamilan. 

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai menghitung usia kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar