Sukses

Anak 19 Bulan Baru Tumbuh Gigi 2 dan Cacar Air Selama Kehamilan
09 Jan 2019, 06:40 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, anak saya perempuan lahir normal dengan BB 2,5kg TB 48 cm. Yang mau saya tanyakan kenapa pertumbuhan gigi anak saya lambat ya dok? Sekarang usia 19 bulan giginya baru tumbuh 2 dibagian atas. Anak saya susah sekali kalau disuruh makan, ngemil juga ga begitu suka, maunya nenen terus. Sudah saya berikan teether berbagai macam bentuk juga ga kepake karena anak saya tidak suka gigit*. Padahal sewaktu hamil selama 9bulan saya rutin konsumsi cal95, folamil genio dan Blackmores. Apakah ada kaitannya dengan kondisi saya saat hamil 3bulan kena cacar air, sehingga penyerapan vitamin ke janin berkurang ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar Anak 19 Bulan Baru Tumbuh Gigi 2 menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Infeksi cacar air selama kehamilan memang merupakan penyakit yang sering dikhawatirkan oleh ibu hamil karena ditakutkan akan mempengaruhi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Di antara keluhan yang mungkin ditemukan, dampak infeksi cacar air yang paling serius terhadap ibu hamil adalah pneumonitis varicella (radang paru-paru) pada 10-20% kasus dengan angka kematian mencapai 40%. Sedangkan pada janin dapat terjadi suatu kelainan yang disebut congenital varicella syndrome (CVS), yaitu suatu kumpulan kelainan dari beberapa organ tubuh seperti ukuran kepala dan anggota gerak tubuh, mata, dsb. Akan tetapi risiko terjadinya CVS adalah kecil, yaitu sebesar 0,4% pada usia kehamilan < 12 minggu, meningkat menjadi 2% pada usia kehamilan 13-20 minggu, dan menurun menjadi 1% pada usia kehamilan > 20 minggu.

Dari keterangan yang anda berikan bahwa anak anda umur 19 bulan dan baru tumbuh 2 gigi. Memang kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Meski demikian, memang ada faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

Adapun yang harus diperhatikan adalah Ciri-ciri anak tumbuh gigi, yaitu :

- Gusi pada tempat gigi tersebut tumbuh terdapat sedikit luka, kemerahan dan keras.- Salah satu pipi tampak kemerahan.- Terjadi peningkatan jumlah air liur.- Sering menggigit dan mengunyah benda-benda.- Menjadi lebih rewel dari biasanya.

Keadaan anak Anda masih dalam batas normal. Namun apabila sampai usia 18 bulan anak Anda belum tumbuh gigi, harus dibawa ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan rontgen panoramic. Kemudian untuk membantu merangsang anak tumbuh gigi, bisa dilakukan hal berikut :

1. Perhatikan Aturan Pemberian Makan pada Bayi

Perhatikan aturan pemberian makanan pada bayi. Baik dari segi kandungan gizi maupun tahapan pemberian makanan dari cair ke padat. Tujuannya, agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Sebab, selain berguna untuk tumbuh kembang, juga merangsang pertumbuhan gigi dari dalam.

Pertumbuhan gigi susu juga bisa dirangsang dengan pemberian vitamin sesuai anjuran dokter. Ada zat yang dapat memperkuat gigi bayi, menjaga dan mencegah kerusakan gigi, yaitu zat fluor. Zat ini bisa diberikan pada ibu hamil sampai bayi lahir hingga berusia 10 tahun.

2. Beri Mainan Gigit

Biasanya, ketika akan erupsi (muncul atau tumbuh) gigi, si bayi lebih banyak mengeluarkan air liur dan maunya menggigit-gigit sesuatu akibat rasa gatal pada gigi. Dengan menggigit, juga dapat mempercepat keluarnya gigi. Berikan biskuit khusus yang agak keras atau mainan gigit dari bahan plastik yang aman buat bayi.

Demikian informasi seputar Anak 19 Bulan Baru Tumbuh Gigi 2 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

0 Komentar

Belum ada komentar