Sukses

Kondisi Bengkak Akibat Penyakit Jantung
07 Jan 2019, 12:54 WIB
Pria, 37 tahun.

Ibu saya didiagnosa kena penyakit jantung dan sekarang kondisi ibu saya kaki sampai keperut mengalami bengkak.... jadi pertanyaan saya solusi yang terbaik itu bagaimana dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarakan cerita yang Anda paparkan kemungkinan ibu Anda mengalami suatu kondisi medis yang dikenal sebagai Gagal Jantung Kongestif atau bahasa awamnya pembengkakan jantung.

Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung. Manifestasi dari gagal jantung adalah sesak, mudah lelah, retensi cairan yang dapat mengakibatkan kongesti pulmoner (paru terisi cairan), tidur dengan posisi tinggi (dengan 2 atau 3 bantal) dan edema perifer (bengkak pada kaki).Gagal jantung bukanlah suatu penyakit namun suatu sindroma atau kumpulan gejala. Gagal jantung umumnya sekunder dari penyakit dasar lainnya seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung rematik, penyakit jantung katup, tekanan darah tinggi dan sebagainya. 

Penanganan gagal tentu disesuaikan dengan penyebabnya, umumnya dengan konsumsi obat teratur dan perubahan gaya hidup. Untuk mengurangi kecemasan Anda dan ibu Anda, ada baiknya ibu Anda melakukan pola hidup yang sehat, asupan nutrisi yang bergizi, olahraga rutin dan bila perlu melakukan pemeriksaan screening jantung seperti EKG atau treadmill untuk mengetahui kondisi jantung ibu Anda saat ini. 

Kami sarankan ibu Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengontrol tekanan darah dan diabetes dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar