Sukses

Benjolan Payudara, Kanker?

06 Jan 2019, 15:59 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok sy mau brtnya.. ibu sy berusia 55th mempunyai benjolan dipayudara kiri benjolan semakin bertambah besar Permukaannya Dapat digerakkan dan menempel pada kulit, pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya ketiak,kadang terasa nyeri .. apakah itu kanker .. terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Jika memang sebagian besar pertanyaan ini dijawab ya, kemungkinan besar mengarah kepada adanya tumor, namun tetap belum bisa menyatakan ini tumor jinak atau ganas. Namun, mengingat usia ibu Anda sudah 55 tahun, kemungkinan ke arah tumor ganas lebih besar. Apalagi, jika terdapat riwayat kanker payudara di dalam keluarga ibu Anda.

Untuk memastikannya, silakan bawa ibu Anda ke dokter penyakit dalam yang ahli kanker (SpPD-KHOM) agar dievaluasi secara lengkap.

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar