Sukses

Penyebab Kulit Gatal dan Kemerahan

06 Jan 2019, 15:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok, saat ini kulit saya muncul gatal2 yang muncul hilang, jadi kalo baru muncul tuh merah dan ditengahnya keliatan bermata terus makin matang warnanya klo dh gitu hilang kempes dan nnti muncul ditempat lain. Yg udh pernah muncul di kaki, tangan, pinggang. Saat ini sy bekerja di matrial sudah 2 bulan dan sejak kerja itu mulai muncul gatal2nya. Sebelum bekerja di matrial sy sempat menganggur hampir 2 th. Nafas sy juga terasa pendek dok, tp kalo tarik nafas tidak sakit kok. Apa mungkin peredaran darah sy kurang lancar karna kurang gerak ya jadi keluar lewat gatal2? Atau alergi terhadap bahan2 matrial ya dok? Mohon dijawab ya. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami karena kami tidak dapat memeriksa langsung dan mewawancara Anda lebih dalam.

Secara umum penyebab gatal di kulit dapat berupa alergi, iritasi, hingga kondisi medis seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencari faktor pencetus timbulnya gatal dan menghindari faktor pencetus tersebut. Berbagai hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah cuaca dingin, makanan tertentu, kondisi stress emosional, dsb.

Pada kasus Anda, kemungkinan besar pemicunya ada di lingkungan kerja yang berdebu dan banyak partikel asing. Perlu diperhatikan, kira-kira bahan apa yang paling memicu keluhan Anda. Bisa jadi memang Anda ada alergi terhadap bahan-bahan tersebut. 

Bila gatal muncul lebih sering dengan intesitas yang lebih berat dan gejala sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Kelainan kulit perlu dilihat wujud kelainannya agar tidak salah diagnosis dan pengobatannya tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar