Sukses

Pertolongan Pertama Keracunan

06 Jan 2019, 15:04 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, klo ga sengaja menelan cairan wipol karbol yang bahan aktif pine oil, pertolongan pertamanya gmn? Sudah minum madu susu dan air kelapa apakah sdh benar dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang pertolongan pertama pada keracunan menggunakan fitur Klikdokter

Sebelumnya izinkan kami bertanya beberapa hal. Siapakah yang mengalami keracunan ini? Apakah sudah dipastikan zat penyebabnya? Apakah ada gejala yang ditunjukkan oleh penderita? 

Keracunan menjadi penyebab utama kematian pada orang-orang yang berusia muda, dan menjadi penyebab utama kematian nonhenti jantung pada usia dibawah 35 tahun. Kejadian overdosis, yang juga dapat digolongkan sebagai kondisi keracunan, juga tidak sedikit kejadiannya.

Berikut adalah beberapa pertolongan pertama yang wajib Anda lakukan pasca menemukan korban yang dicurigai mengalami keracunan:

Pada korban yang terjatuh mendadak, sebisa mungkin pindahkan posisi korban pada lingkungan yang lebih aman dan jauh dari sumber terjadinya keracunan (misalnya dari kepungan asap/genangan zat berbahaya). Bila zat yang menyebabkan keracunan terbalur pada pakaian atau kulit penderita, bersihkan secara hati-hati.

Bila masih ada zat yang diduga menyebabkan keracunan di mulut penderita, misalnya makanan, keluarkan dengan segera.Secepatnya korban harus dibawa ke unit layanan kesehatan gawat darurat. Atau bila memungkinkan, panggil petugas emergensi untuk segera datang ke lokasi kejadian.Selama menunggu atau selama perjalanan ke layanan kesehatan, pastikan korban memperoleh oksigen dengan baik. Bila tidak ada tabung oksigen, longgarkan pakaian korban, terutama daerah leher. Selain itu, hindari korban dari kerumunan orang-orang disekitar korban.

Sebagai seorang penolong, sebaiknya Anda telah memahami Basic Cardiac Life Support (BCLS), suatu pertolongan kehidupan jantung dasar, yakni memahami kapan terjadinya henti jantung (ditandai dengan detak jantung yang berhenti) dan kapan harus memulai memompa jantung dari luar dengan menekan dada korban. Kebutuhan untuk pompa jantung biasanya disertai pula dengan kebutuhan adanya pernapasan buatan.Jangan paksakan pasien memakan atau meminum sesuatu, karena makan/minum saat tidak sadar dapat menyebabkan masuknya zat ke saluran napas yang akan memperburuk kondisi korban

Bila pasien muntah, miringkan kepala ke bagian kiri/kanan agar muntahan tidak masuk ke saluran napas korbanBila mampu, utarakan kecurigaan Anda atas penyebab keracunan, misalnya keracunan obat-obatan, zat kimiawi, makanan atau minuman, maupun keracunan asap, agar petugas medis dapat memberikan penawar racun (antidot) yang sesuai secara segera.Pemberian oksigen dan penjagaan kondisi jantung menjadi hal yang sangat utama dalam pertolongan pertama pada kondisi keracunan, karena dua hal tersebut dapat menyelamatkan nyawa korban.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar