Sukses

Kaki Tertimpa Beban Berat
05 Jan 2019, 00:56 WIB
Pria, 14 tahun.

Saya baru saja menjatuhkan barbel seberat 2 kg ke jari tengah kaki saya, alhasil jari tersebut menjadi terlihat bengkak dan menjadi biru. Kira2 ketinggian barbel saat jatuh 30 cm. Sejauh ini saya mengompres dingin jari tersebut. Apakah ada hal lain yang harus saya lakukan?? Plis jawab dok saya takutnya retak :((((

Terima kasih sudah bertanya mengenai kaki bengkak setelah tertimpa benda berat melalui fitur Tanya Dokter

Benda berat apa yang Anda maksud dan seberapa berat? Tentu berat benda akan menentukan seberapa besar kekuatan trauma pada kaki.

Pembengkakan pada kasus tertimpa berat bisa diakibatkan beberapa hal. Kemungkinan bengkak bisa saja diakibatkan karena adanya peradangan yang muncul. Bisa saja pada saat tertimpa berat mengakibatkan kerusakan sendi, tulang, ataupun otot yang ada pada bagian kaki tersebut. Perlukaan pada struktur tersebut bisa mengakibatkan pembengkakan. Pembengkakan juga bisa terjadi karena proses radang karena ada infeksi. Umumnya kondisi ini terjadi pada trauma yang mengakibatkan luka di jari kaki.

Kemungkinan kedua terkait dengan penumpukan darah di kaki Anda, disebut dengan hematom. Bisa saja akibat benda berat maka akan terjadi kerusakan pembuluh darah sehingga terbentuk kumpulan darah.  Pada kondisi lain, bisa juga hematom berkaitan dengan patah tulang, bila memang benda yang menimpa sangat berat. Hematom bisa dibedakan dengan pembengkakan biasa berdasarkan warna yang terbentuk.

Sementara waktu Anda bisa berikan kompres dingin pada bagian yang mengalami bengkak tersebut. Pastikan bahwa apakah aliran darah masih bagus pada ujung jari yang terkena, dengan memperhatikan warna ujung kaki apakah menjadi lebih pucat dibandingkan jari yang tidak terkena. PAstikan juga apakah ujung jari masih bisa merabakan sentuhan. Bila ada masalah terkait hal ini, dan bila bengkak semakin membesar maka Anda sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

Sulit bagi kami untuk menentukan kemungkinan terkait bengkak yang Anda alami terkait terbatasnya informasi yang diberikan dan tidak dilakukannya pemeriksaan langsung. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter.

Demikian informasi mengenasi kaki bengkak tertimpa beban berat. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar