Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Dampak Onani
05 Jan 2019, 00:48 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau tanya, kalau kita sering onani itu apa bisa menimbul kan panu

Terimakasih telah bertanya seputar Dampak onani terhadap tubuh melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual.

Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan dengan frekuensi yang sangat sering.

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus untuk melakukan masturbasi.

Onani Membuat Badan Menjadi Kurus?

Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Layaknya hal lain, sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Onani juga tidak ada hubungannya dengan penurunan berat badan atau membuat badan menjadi kurus seperti yang Anda katakan.

Seseorang dengan kebiasaan terlalu sering masturbasi dapat mengalami:

Perubahan pola tidurStres & depresiAnsietas (kecemasan/panik)LemasKurangnya konsentrasiDan pada akhirnya dapat juga menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi (karena faktor-faktor psikologis tersebut).Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan:

BerolahragaMelakukan hobiBerpuasaBeribadah, dan kegiatan positif lainnya.Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi. Pada dasarnya masturbasi tidak berhubungan dengan kemandulan seorang.Jika Anda merasa bahwa keluhan masturbasi ini telah menganggu aktivitas Anda, kami sarankan agar Anda dapat memeriksakan diri Anda ke dokter umum terlebih dahulu.

Berikut kami jelaskan cara menaikan berat badan. Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan tidak bertambah adalah karena asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan.

Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).

Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.

Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu, berdebar-debar, gangguan menstruasi, sering berkeringat, tangan gemetar, sering buang air besar?

Berikut adalah beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan:

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.

Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.

Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh Anda serta melancarkan pencernaan Anda.

Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang Anda konsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan yang Anda beli tersebut.

Apabila cara di atas belum berhasil, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk menu makanan yang dapat meningkatkan berat badan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan seputar Dampak Onani Terhadap Tubuh, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar