Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Lecet dan Gatal pada Penis

03 Jan 2019, 19:27 WIB
Pria, 22 tahun.

Kepada dokter yang terhormat, saya mengalami masalaha pada alat kelamin saya, pada awalnya terasa gatal dibawah kepala penis, setelah 2 hari timbul seperti lecet(mungkin karena saya garuk) dan dihari ke 3 seperti berair dan bekas melepuh yang sudah kering. bolehkah saya tahu ini adalah sakit apa dan berbahaya atau tidak?

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda dan keluarga sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

 

Kami memahami kecemasan Anda. Nampaknya, masalah kesehatan Anda adalah bentol merah gatal pada kelamin. Terlebih dahulu perlu diketahui penyebabnya. Masalah pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, misal sifilis, herpes simpleks, atau luka lain. Perlu diketahui ukuran luka, apakah sakit, jumlahnya, letaknya, dan riwayat sebelumnya.

 

Masalah luka pada kelamin tidak boleh diobati sembarangan tanpa pemeriksaan dokter terlebih dahulu dan tanpa diketahui penyebabnya karena penyakit dapat tidak sembuh dan infeksi menjalar ke bagian atas. Saya sarankan Anda mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk diperiksa, ditentukan penyebab sakit baru kemudian diobati dengan obat yang tepat.

 

Tampaknya, sekilas Anda kemungkinan besar mengalami Herpes genital. Virus herpes memiliki masa inkubasi 3-5 hari, setelah itu pada daerah kemaluan akan timbul gerombolan vesikel, di atas kulit kemerahan dan dirasakan nyeri atau gatal atau terasa panas seperti terbakar, bila pecah meninggalkan bekas. Sering disertai pembesaran kelenjar yang nyeri. Penyakit sembuh dalam 2-3 minggu. Penyakit ini tidak mengancam nyawa pada orang dewasa namun sering kumat, timbul pada tempat yang sama dan biasanya lebih ringan dari gejala infeksi pertama. Penularannya hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual. Penyakit ini disebut dengan Herpes Simpleks.

 

Terapinya secara umum adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dan menghindari trauma atau faktor pencetus. Belum ada pengobatan yang memuaskan untuk penyakit ini.  Obat anti virus biasanya efektif dalam mengurangi frekuensi dan durasi (lamanya) timbul gejala karena infeksi HSV-2. Dan apabila Anda adalah orang yang secara seksual aktif atau memiliki pasangan suami istri maka bila melakukan pengobatan harus kepada pasangan juga, tidak bisa hanya kepada diri sendiri saja. Karena  virus herpes simplex ini bisa menular melalui hubungan seksual.

 

Pemberian obat tidak dapat dilakukan sembarangan karena efeknya dapat menyebabkan kekebalan bakteri jika ternyata tidak tepat. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan langsung untuk menegakkan diagnosis dengan lebih pasti dan pengobatan yang tepat. 

 

Semoga keluhan Anda dapat segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat selalu,                                       

Tim Redaksi KlikDokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar