Sukses

Luka Gatal dan Berair

03 Jan 2019, 23:20 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, kaki saya gatal2 dan luka ketika saya garuk, sudah berminggu- minggu tp luka dan gatal nya tak kunjung sembuh dan berair. Itu kenapa ya dok? Dan bagaimana agar cepat sembuh

Terima kasih telah bertanya tentang Luka Gatal dan Berair melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami perlu mengetahui beberapa informasi terkait dengan keluhan Anda. Sejak kapan keluhan tersebut Anda alami? dimanakah letak luka berair tersebut? apakah sebab luka tersebut? apakah pengobatan yang telah anda berikan untuk mengatasi keluhan tersebut? apakah Anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti alergi atau penyakit lain?

Sayangnya kami memiliki kesulitan untuk memastikan kondisi kesehatan yang Anda keluhkan karena kurangnya informasi dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik. Namun kami akan berusaha menjelaskan kemungkinan kondisi yang berhubungan dengan keluhan Anda.

Luka berair pada telapak tangan dan kaki yang berulang dalam dunia kedokteran kerap disebut dengan Dyshidrotic eczema. Faktor pemicu timbulnya penyakit ini sangat beragam di setiap individu, sebagai berikut :

Dermatitis kontak (alergi pada bahan tertentu)Infeksi jamur atau bakteri yang telah menyebarPemakaian obat tertentuStres emosiKonsumsi makanan tertentuRokokKontrasepsi oralPerubahan iklimdan berbagai sebab lainnya yang tidak diketahui

Apakah terdapat salah satu faktor risiko tersebut pada diri Anda?

Untuk mengetahui penyebab dan terapi terbaik dari kondisi Anda, mohon periksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Hindari kontak dengan bahan yang ditengarai memiliki sifat iritan, jagalah kebersihan dan gunakan pelembab secara rutin. Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar luka tidak terkena air dan juga selalu menjaga kebersihan luka dengan rutin membersihkan luka dengan cairan steril, cairan garam fisiologis ataupun mengomres dengan rivanol.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Luka Gatal dan Berair. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar