Sukses

Bronkitis

03 Jan 2019, 09:12 WIB
Wanita, 26 tahun.

Hasil MCU bronkitis infiltrat bilateral, padahal saya tidak ada gejala batuk dsb. Apakah ada gejala lain dan apa pengobatannya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang bronkitis menggunakan Fitur Tanya Dokter 

Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi dan meradang. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak.

Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkhitis akut seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang menyerang biasanya adalah virus yang sering menimbulkan flu yang menyebar hingga ke saluran napas yang lebih dalam sehingga menimbulkan bronkhitis. Disamping akibat infeksi virus, sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun akibat paparan terhadap asap rokok disekitar anda.

Bronkhitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat sembuh secara spontan dalam beberapa minggu jika anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun, pada bronkhitis akut yang disebabkan oleh bakteri, diperlukan pemberian antibiotik secara teratur untuk menghilangkan kuman penyebab bronkhitis.

Bila penyakit bronkitis bertahan dan berlanjut kurang lebih selama tiga bulan dalam setahun, maka disebut sebagai bronkitis kronik. Bronkhitis kronik umumnya disebabkan karena merokok atau paparan terhadap asap rokok. Disamping akibat rokok, bronkhitis kronik juga dapat terjadi akibat paparan terhadap debu dan polusi udara untuk waktu yang lama. Pengobatan yang diberikan pada bronkitis kronik biasanya hanya akan membantu mengatasi gejala-gejala yang timbul, namun gejala tersebut akan sering kambuh dan saluran napas yang sudah rusak akibat bronkhitis kronik tidak dapat sembuh sempurna 100%.

Apabila hasil 'bronkitis infiltrat bilateral' tersebut hanya didapat dari hasil rontgen, itu tidak menandakan bahwa Anda pasti terdiagnosis brokitis karena bagaimana pun rontgen hanya bersifat penunjang. Pemeriksaan klinis tetap menjadi pedoman utama. Bila Anda tidak mengalami batuk maka mungkin saja gambaran rontgen tersebut bukanlah kondisi aktif/ sisa dari penyakit sebelumnya. Untuk diagnosa pasti hanya bisa ditentukan oleh dokter yang melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara langsung, tidak berdasarkan hasil rontgen semata. Jadi periksakan diri Anda secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru untuk mendapatkan diagnosis yang sesuai yang sesuai.

Demikian penjelasan tentang bronkitis yang dapat Kami berikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar