Sukses

Mulut Mengeluarkan Asap Saat Bernafas

03 Jan 2019, 08:17 WIB
Pria, 20 tahun.

Permisi dok, saya ingin bertanya Kenapa saat saya menarik nafas panjang dan menahannya beberapa detik dan saat melepaskannya dengan perlahan, mulut saya mengeluarkan asap, sedangkan saya tidak lagi ditempat yang suhunya dingin. Dan ini sudah lama terjadi dok, menurut dokter saya terkena penyakit apa?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Jika udara cukup sejuk (tak harus dingin), asap yang Anda lihat keluar dari mulut merupakan uap udara dari saluran pernapasan yang hangat, yang kala bereaksi dengan suhu luar yang lebih rendah dari tubuh akan mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk dan tampak sebagai asap. Proses ini serupa dengan kabut yang hanya bisa kita lihat ketika cuaca dingin.

Hal ini wajar terjadi, baik setelah aktivitas seperti berlari maupun menahan nafas, sehingga sejumlah volume udara akan keluar cukup banyak dalam laju yang cepat. Akibatnya, aliran udara tersebut lebih nampak, apalagi jika udara cukup sejuk atau dingin.

Selama Anda tidak merokok atau mengalami gangguan saluran nafas seperti batuk atau sesak nafas, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan tentang hal ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar