Sukses

Kaki Bengkak Setelah Kecelakaan
02 Jan 2019, 19:07 WIB
Pria, 30 tahun.

saya ingin bertanya dok, ini tentang sakit yang dialami oleh ibu saya karena ibu saya mengalami kecelakaan, dan akibat kecelakaan itu kaki ibu saya mengalami bengkak, dan ini sudah berlangsung kurang lebih 1,5 bulan yang lalu, saya khawatir ini jadi tumor? bagaimana cara mengobatinya dok? Mohon bantuannya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat luka terbuka pada daerah bengkak? Apakah setelah kecelakaan dilakukan pemeriksaan rontgen? Apakah ada tulang-tulang yang retak? Luka atau bengkak memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka dan bengkak yang diperlukan bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll).

Untuk mendukung proses penyembuhan luka dan bengkak, perlu juga diperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat), memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Keluhan bengkak karena trauma selain disebabkan karena luka, juga dapat disebabkan karena adanya masalah tulang retak pada daerah terkait. Untuk sementara sebaiknya jangan memakai sepatu terlebih dahulu jika masih bengkak, karena akan memberi tekanan lebih di daerah tersebut dan menghambat peredaran darah di area kaki. Selanjutnya Anda dapat memeriksakan diri langsung ke dokter.

Bengkak (edema) yang terjadi pada tubuh dapat berbentuk 2 yaitu pitting dan non-pitting edema. Pitting edema yaitu bengkak yang sulit kembali saat di tekan, non-pitting edema adalah bengkak yang bentuknya tidak berubah bila ditekan. Pitting edema biasanya disebabkan oleh retensi cairan yang disebabkan oleh gangguan aliran darah, varises, infeksi, hingga kegagalan fungsi hati, jantung, atau ginjal. Apabila yang terjadi adalah infeksi, ditandai dengan kemerahan di kaki, kaki yang sakit terasa lebih panas dari jaringan yang sehat, nyeri, dan dapat disertai dengan demam. Non-pitting edema biasanya disebabkan oleh kelainan kelenjar tiroid atau gangguan kelenjar limfe.

Untuk memastikan tidak terjadi cedera serius pada kaki Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin dokter akan memerlukan pemeriksaan tambahan seperti rontgen tulang. Hindari memijat daerah yang terkena trauma, dalam hal ini kaki Anda untuk mencegah komplikasi luka dalam yang tidak diketahui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar