Sukses

Kulit Telapak Tangan Tipis

31 Dec 2018, 10:16 WIB
Pria, 25 tahun.

Kulit telapak jari kanan saya, kelingking,tengah,telunjuk dan jari manis saya menjadi tipis dan sidik jari saya hilang,terasa sakit terkadang di kulit jarinya.bukan itu saja,rambut saya rontok sangat hebat.apakah ada hubungannya?Mohon informasinya secara detail,agar saya tahu tindak lanjutnya,terima kasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami sangat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kulit jari tangan yang tipis, mudah mengalami iritasi, mengelupas dan mengeluarkan cairan seperti keringat memang menandakan adanya kelainan pada kulit tertentu. Untuk menegakkan diagnosis, harus dilakukan pemeriksaan secara langsung dan dilakukan anamnesis berupa, apakah gejala tersebut hanya di jari-jari tangan saja atau tidak, juga adakah gejala lain yang menyertai, misalnya rasa gatal, perih. Kebiasaan sehari-hari juga perlu diketahui, misalnya mencuci pakaian dengan deterjen, tangan yang terpajan zat kimia pabrik.

Kulit telapak tangan yang tipis, mudah iritasi bahkan mengelupas dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, yaitu:

  • Dermatitis Kontak, yaitu reaksi peradangan dan alergi akibat kontak dengan suatu bahan yang menyebabkan alergi, misalnya bahan detergen atau bahan lain yang tidak cocok pada orang tertentu. infeksi jamur, pada jari sering mengenai bagian sela-sela jari
  • keratosis aktinik yaitu penyakit kulit akibat terpajan sinar matahari terus-menerus dengan gejala bercak bersisik yang terasa nyeri
  • iktiosis adalah penyakit kulit bersisik akibat genetik

Ada baiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter kulit Anda. Dokter akan kembali melakukan pemeriksaan terkini terhadap status kesehatan Anda. Pemeriksaan tes alergi dapat dilakukan jika diperlukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar