Sukses

Hidung Tersumbat Sebelah

31 Dec 2018, 09:58 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya selama ini mengalami gangguan pernapasan, setiap kali bernapas saya harus menggunakan mulut dikarenakan ketika menggunakan hidung hanya satu lubang saja yg berfungsi, sedangkan yg sebelah tidak. Ketika saya rasakan rongga hidung, bagian yg tidak mengeluarkan udara tersebut tertutup kemungkinan dengan tulang rawan bagian hidung. Letak keluarnya udara sendiri adalah bagian rongga sebelah kanan dan untuk sebelah kiri tertutup. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai hidung tersumbat sebelah melalui fitur Tanya Dokter

Apakah hidungnya mampet oleh lendir/ingus atau seperti ada yang mengganjal? Apakah ada nyeri di sekitar hidung, pipi, atau dahi saat ditekan? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Apakah ada gejala sering bersin-bersin pada pagi hari, mata berair, keluar ingus terutama pagi hari atau terkena debu?

Hidung tersumbat merupakan suatu keadaan dimana terjadi pembekakan pada lapisan dinding hidung yang diakibatkan oleh peradangan. Penyebab tersering hidung tersumbat sebelah adalah polip nasal, umumnya terjadi pada orang yang memiliki riwayat alergi. Penyumbatan hidung sebelah juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : Alergi, influenza atau infeksi saluran pernafasan atas, deviasi septum, sinusitis, rhinitis vasomotor, dan rhinitis medikamentosa (akibat obat-obatan).

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebab dari hidung tersumbat tersebut. Untuk mengetahui penyebab dari hidung tersumbat tersebut dibutuhkan pemeriksaan hidung secara langsung. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT agar dapat mengetahui penyebab pasti dan tatalaksana yang tepat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai hidung tersumbat sebelah, semoga membantu

0 Komentar

Belum ada komentar