Sukses

Cairan Nifas Berbau

31 Dec 2018, 04:16 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat malam dok, saya ibu yg baru melahirkan anak pertama,saya mau tanya kenapa kok cairan nifas saya berbau? Dan saya baru tau tadi kalau di bagian miss v saya kok ada semacam perban atau kapas itu saya tdk tau persis tp wktu saya coba tarik kok rasanya seperti luka jahitan saya ikut tertarik, itu apa ya dok saya kok jadi kepikiran terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan, yaitu:

  • lokia rubra ( berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu.
  • lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu
  • lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan
  • lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas.

Pada beberapa perempuan ( 13%), lokia dapat keluar hingga 60 hari setelah melahirkan.

Jika cairan yang Anda maksud baunya sangat menyengat bisa saja cairan tersebut adalah keputihan. Apakah disertai gatal? Perban atau kapas yang dirasakan bisa saja merupakan keputihan yang disebabkan oleh jamur. Tapi bisa juga ada sisa kassa yang digunakan untuk mengurangi perdarahan saat dilakukan penjahitan. Sebaiknya segera kontrol ke dokter kandungan untuk diperiksa secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar