Sukses

Buah dan Minum Obat

28 Dec 2018, 19:44 WIB
Pria, 22 tahun.

Assalamu'alaikum dokter, saya mau nanya perihal meminum obat, di obat tertulis 3x sehari sesudah makan , kalo misalkan kita ingin meminum obat tapi kita belum makan nasi dan hanya makan buah saja itu boleh tidak dok ? Dan kalo boleh apakah ada buah buahan tertentu yg tidak boleh di makan sebelum minum obat ? Terimakasih dokter

Terimakasih telah menggunakan layanan E-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com.

Pada dasarnya, minum obat bersamaan dengan minuman atau makanan lain bisa menyebabkan adanya interaksi obat alias perubahan efek obat. Makan buah atau minuman berupa jus yang menurut banyak penelitian bisa menyebabkan interaksi obat adalah jus grapefruit. Kadar beberapa jenis obat bisa meningkat jika diminum dengan jus ini sehingga bisa terjadi efek samping. Contohnya adalah obat hipertensi golongan kalsium antagonis, amiodaron, antivirus, antibiotika klaritromisin, benzodiazepine, dan beberapa obat sistem saraf pusat lainnya, penurun kolesterol jenis statin dan siklosporin. Jenis jus lain yang mulai banyak diteliti adalah juscranberry, jeruk, dan jeruk limau. Minuman lainnya yang juga tidak disarankan adalah susu, teh, kopi, soft drink, dan alkohol.

Minum obat bersamaan dengan makanan tertentu juga bisa membuat kecepatan absorpsi di usus jadi lebih lambat. Namun, ada juga jenis obat yang disarankan untuk diberikan bersama makanan untuk meningkatkan absorpsinya atau mencegah terjadinya iritasi lambung. Yang paling aman adalah minum obat dengan air putih biasa. Dan jika Anda ingin mengkonsumsi jus bisa di berikan waktu setidaknya 30 hingga 1 jam setelah minum obat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar