Sukses

Trauma pada mata

28 Dec 2018, 12:11 WIB
Wanita, 25 tahun.

Slmat siang dok.. sy mau konsul.. mt suami sy smggu lalu kecelakaan di lokasi krj hingga trtusuk paku.. dokter spesialis di sini bilang kalau matanya rusak dan tidak bisa melihat total.. tp suami sy bilang mata nya yg rusak sblah kanan msh bisa mlht cahaya namun samar. Hr ini kita keluar dr rs. Antonius Pontianak. Dokter bilang cukup istrhat di rmh dgn resep yg dia beri. Dktr jg blg kalo mata suami sy perlu wktu 2 bln untuk menghilang nyeri infeksi dan merah2.. Prtanyaan sy,, apakah ada hrpan dan cara untuk bisa suami sy mlht lg...??? Trmksh jwbnya

Terima kasih telah bertanya seputar trauma pada mata menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kebutaan akibat trauma terjadi apabila trauma tersebut mengenai area di otak yang mengontrol penglihatan atau telah mengenai saraf penglihatan.

Gangguan pada saraf mata adalah kondisi rusaknya saraf mata karena berbagai macam hal seperti trauma, infeksi, iritasi atau sebab lainnya. Dalam bidang medis, gangguan ini kerap juga disebut sebagai neuropati optik. Saraf optik adalah saraf yang menghubungkan dan menyalurkan informasi dari mata ke otak, dan sebaliknya. Kerusakan pada saraf mata dapat menyebabkan gangguan penglihatan hingga buta.

Pada kasus suami anda, jika spesialis mata memang mengatakan bahwa beliau tidak dapat melihat kembali kemungkinan saraf penglihatan sudah terganggu. Untuk melihat cahaya memang masih mungkin dikarenakan mata hanya dapat mengenal adanya sinar saja, dan tidak dapat melihat lambaian tangan. Visus atau ketajaman penglihatan suami anda saat ini 1/tak terhingga. Harapan untuk dapat melihat lagi tergantung derajat kerusakan dari saraf penglihatan tersebut. Baiknya ikuti saran spesialis mata tersebut untuk cukup istirahat dan konsumsi obat yang sudah diresepkan, kemudian kontrol pada waktunya. Jika masih ada pertanyaan yang membingungkan silahkan konsultasi kembali segera maupun saat kontrol ke poli mata.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai trauma pada mata. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar