Sukses

Setelah terjatuh belum bisa berjalan normal

28 Dec 2018, 11:05 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok, Ibu saya sedang sakit, akibat 1 setengah bulan yang lalu, terjatuh di kamar mandi dan sampai sekarang belum bisa berjalan normal. Gejala sakit yang di rasakan oleh ibu saya sekarang adalah: 1. Ketika terbaring, kira2 15 menit, pinggang, paha sampai kaki terasa tegang, berat dan nyeri ketika duduk sekitar 5 menit, tidak sakit lagi dan begitu seterusnya. 2. Ketika terbaring, kaki tidak bisa di bengkok kan. 3.Kalau berdiri dan duduk, ibu saya tidak merasakan sakit lagi dan bisa di bengkok kan. 4. Rasa sakit paling sering ketika malam. Ibu saya sekarang berumur 60 tahun, sakit yang dirasakan mulai dri pinggul, paha, kaki sebelah kanan. Selama ini obat dipakai adalah obat tradisional dan alami. Kira2 gejala sakit seperti itu dan cara penyembuhannya bagai mana ya dok? Mohon penjelasannya dan bantuannya pak dok/bu dok. Terima kasih.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Kesulitan menggerakkan tangan atau kaki setelah terjatuh dapat disebabkan oleh cedera otot, sendi, maupun syaraf. Bila sebelum terjatuh, pergerakan tangan dan kaki normal, maka kemungkinan terdapat kelainan pada 3 aspek ini.

Adakah rasa nyeri saat tangan dan kaki digerakkan? Adakah kemerahan pada sendi dan pembengkakan? Bila Ya, maka diagnosis mengarah pada kecurigaan dislokasi/ terlepasnya sendi penyambung kedua tulang. Bila tidak ada kelainan apa-apa, namun terdapat nyeri saat ditekan, kemungkinan terdapat cedera otot (myalgia). Bila penyebabnya adalah myalgi maka kemungkinan besar akan sembuh sendiri. Ataukah terdapat gejala kesemutan, baal, pada tangan dan kaki yang tidak dapat digerakkan? Bila ini gejala yang dirasakan maka kemungkinan mengarah pada gangguan syaraf.

Sebaiknya membawa ibu Anda ke dokter untuk wawancara yang mendetail disertai pemeriksaan fisik secara langsung, jika perlu pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen kaki untuk dapat memastikan diagnosis.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar