Sukses

Benjolan di daun telinga

28 Dec 2018, 10:15 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya ada benjolan di daun telinga yg awalnya sebesar telur cicak, kemudian di operasi tapi 3 bulan kemudian benjolan itu datang lagi di tempat yg sama dengan benjolan yg lebih besar dari sebelumnya, saya pun operasi ke2 kalinya tapi ternyata setelah 2minggu operasi benjolan itu masih tumbuh dan membesar dok, kira kira ini penyakit apa dan bagaimana cara mengobati nya. Karna setiap saya konsul ke dokter pasti di sarankan operasi tapi saya takut tumbuh lagi. Mohon jawabannya dok !!

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Benjolan di daun telinga dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, trauma, kista atau tumor. Kista merupakan benjolan seperti kantung berisi seperti cairan. Kista seringkali menimbulkan nyeri bila disertai infeksi. Bila disebabkan oleh trauma seringkali menunjukkan adanya gumpalan darah pada daun telinga. Infeksi lokal daun telinga dapat pula menyebabkan benjolan yang seringkali disertai nanah. Bila benjolan terdapat di daerah belakang telinga dan disertai kaku dan nyeri serta bengkak pada tulang di belakang telinga dapat mengindikasikan adanya proses infeksi tulang mastoid (mastoiditis). Tumor jinak dan ganas pun dpaat menjadi salah satu penyebab benjolan.

Untuk memastikan apa penyebab benjolan yang Anda alami, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis THT. Mintalah penjelasan yang jelas terhadap dokter tersebut, kenapa berulang dan sebagainya.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar