Sukses

Pengobatan Darah Tinggi

28 Dec 2018, 04:31 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamualaikum dok... Saya mau tanya ibu saya menderita tekanan darah tinggi nah obat yang seharusnya di berikan itu apa... Mohon jawabannya Trimaksih....

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) jika dalam 3 kali pengukuran tekanan darah berturut-turut di waktu yang berbeda menunjukkan hasil tekanan sistole (angka yang pertama) ≥ 140 mmHg atau tekanan diastole (angka yang kedua) ≥ 90 mmHg. Hasil tekanan darah yang tinggi hanya dengan satu kali pemeriksaan belum dapat didiagnosis menderita tekanan darah tinggi karena hasil tekanan darah dapat meningkat saat seseorang dalam kondisi stres atau setelah beraktivitas, dll.

Jika setelah beberapa kali pemeriksaan didapatkan hasil tekanan darah lebih tinggi dari normal, dapat dikatakan bahwa menderita darah tinggi. Pada tahap awal, terapi darah tinggi dapat dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti :

  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama minimal 30 menit, seperti jalan kaki, jogging, berenang
  • Kurangi berat badan.
  • Kurangi asupan garam, maksimum 2400 gram atau 3/4 sendok teh per hari
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng
  • Perbanyak asupan makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran
  • Berhenti merokok dan hindari konsumsi alkohol

Jika dengan melakukan perubahan gaya hidup tersebut tekanan darah tetap tinggi, maka diperlukan terapi dengan obat-obatan untuk mengatasi hipertensi.

Jenis obat-obatan tergantung usia dan kondisi medis lain yang menyertai hipertensi Ibu Anda. Pemilihannya pun berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain seperti fungsi ginjal. Jadi, untuk mendapatkan obat yang tepat, berkonsultasilah dengan dokter secara langsung. Anda bisa membawa Ibu ke dokter umum maupun ke dokter penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar