Sukses

sakit kepala dan detak jantung cepat tidak beraturan
26 Dec 2018, 09:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat sore dok nama saya Lina umur saya 20 tahun saya ingin menanyakan sekitar 4 bulan ini saya mengalami pusing berkepanjangan hilang sebentar lalu datang lagi , dan saya memeriksa kan diri ke dokter dan dokter bilang detak jantung saya sangat cepat 2 kali dari orang normal dokter bilang penyebab nya stress , lalu setelah dua bulan saya mengalami hal yg sama saya pikir itu mungkin karena saya stres , tapi seminggu ini saya mengalami sakit kepala yg tidak hilang dan detak jantung yg sangat kencang dan tidak beraturan walaupun ketika saya beristirahat detak jantung itu selalu berdetak kencang dan cepat terkadang saya merasa gelisah dan lelah , lalu saya memeriksa kan diri lagi dan dokter menyarankan saya untuk memeriksa kan diri ke dokter spesialis penyakit dalam dan melakukan rekam jantung dan dokter memberikan saya obat dan vitamin tapi ketika saya meminum obat sakit kepala saya malah bertambah sakit , apakah ini sangat berbahaya?apa yg sebaiknya saya lakukan?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Jantung berdebar dapat disebabkan karena denyut jantung yang tinggi, atau lebih dari 100 kali/menit atau adanya irama jantung yang tidak teratur. 

Terkadang keluhan kesehatan ini memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  • Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.
  • Latihan fisik yang terlalu berat.
  • Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.
  • Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)
  • Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.
  • Obat-obat pelangsing, asma.
  • Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.
  • Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.
  • Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi garam dan tinggi MSG.

Jangan sepelekan keluhan jantung berdebar. Jika keluhan terjadi cukup sering, mengganggu aktivitas, tidak hilang dalam waktu tertentu, terus menerus muncul dan tidak terkait dengan salah satu penyebab di atas maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kesehatan jantung Anda. Mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan langsung bunyi jantung dan denyut nadi serta pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan EKG (rekam jantung) atau Ekokardiografi (gambar jantung). 

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Untuk mengetahui penyebab dari kondisi Anda sebaiknya periksakan diri langsung ke dokter.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar