Sukses

Sudah Pembukaan Satu Namun Tidak Ada Kontraksi?

26 Dec 2018, 09:04 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mw tnya..saya sedang hamil usia kandungan 8 bulan lbih kmaren pas saya bangun tidur tiba" saya mngeluarkan darah yg brwarna merah maroon sperti drah haid yg lumayan bnyak, wktu itu saya langsung periksa ke bidan terdekat kata bidan saya sdh mengalami pembukaan satu dan hrus segera di bawa k RS. Tpi aneh nya dok saya mngeluarkan darah tpi saya tdk merasakan sakit apa" tdk ada tanda" mw melahirkan smpai skrg udh 2 hari ttap gk ada tanda" mw melahirkan dan skrg kluar keputihan yg agak bau tpi alhamdulilah bayi saya tetap aktif gerak dok di dlm perut .. Ini pertanda apa ya dok keluar drah tpi tdk ad tanda mw melahirkan prematur tpi d bilang bidan udh pembukaan satu?? Apa ini efek nya berbahaya buat bayi saya dok?? Tolong kasih penjelasan nya dok. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami turut lega bila saat ini gerak bayi Anda tetap aktif dalam perut. Namun, tetap perlu diketahui darimana asal keluarnya darah tersebut. Apakah telah terjadi pecahnya ketuban? Bila memang telah dikatakan ada pembukaan, ada baiknya Anda mengambil langkah aktif misalnya dengan memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan di RS. Sebab, kelahiran prematur erat kaitannya dengan kebutuhan untuk 'mematangkan' paru janin, karena paru yang belum matang sulit untuk dapat bernapas dengan baik. Adapun mematangkan paru janin umumnya dilakukan di RS. Untuk itu, demi mencegah hal yang tidak diharapkan, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan untuk memastikan apakah benar-benar akan berlangsung persalinan. Bila pun tidak akan berlangsung persalinan, setidaknya Anda megetahui asal perdarahan dan bagaimana mencegahnya agar tidak berulang lagi.

Beberapa tanda-tanda menjelang waktunya persalinan antara lain :

1. Adanya lendir bercampur darah

Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai Anda mendapatkan kontraksi yang teratur atau air ketuban yang pecah, sebelum Anda pergi kerumah sakit. Namun Anda harus segera menghubungi dokter apabila mengalami pendarahan hebat. Ini yang ditakutkan terjadi pada kasus Anda.

2. Air ketuban pecah

Kantung ketuban yang mengelilingi bayi akan pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau.

3. Kontraksi yang teratur

Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hicks. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan. Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Septiana Windi

    dok, , , saya mw tnya..saya sedang hamil usia kandungan 39minggu....waktu hari selasa minggu kemaren saya ngrasa keluar lendir, mules, perut kenceng, daerah selangkangan n daerah miss v sakit klau buat jalan.pas periksa ke bidan baru pembukaan 1.lha sampe sekarang saya belum ngrasain kontraksi apa2 lagi...itu kenapa ya dok????tolong penjelasan nya dok.terima kasih....