Sukses

Menurunkan Gula Darah
26 Dec 2018, 09:04 WIB
Wanita, 19 tahun.

pagi dok, saya mau tanya apakah benar meminum air tebu(sari tebu) bisa menurutkan kadar gula dalam tubuh ? karena banyak masyarakat yg mempercayainya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar menurunkan kadar gula darah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya, air tebu belum melalui penelitian yang sahih terkait kemampuannya untuk menurunkan gula darah. Untuk itu, kami tidak dapat merekomendasikan air tebu untuk menurunkan kadar gula darah. Sesuai teori kedokteran, hal yang dapat menurunkan kadar gula darah adalah pengaturan makan, obat diabetes, dan olahraga. Air tebu, bila dilogikakan mengandung kadar gula simpleks yang cukup tinggi, sehingga agak kontradiktif dengan tujuan menurunkan kadar gula darah.

Kami akan menjelaskan sedikit mengenai diabetes. Diabetes merupakan penyakit kronik dimana kadar gula dalam darah berada di atas batas normal. Pada diabetes terdapat gangguan pankreas, organ yang melepaskan hormon insulin ke dalam darah. Faktor lain adalah ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Insulin membantu tubuh untuk menggunakan gula dan lemak yang dipecah dari makanan yang kita makan.

Faktor risiko seseorang menderita diabetes terbagi 2 yaitu:

1. Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi:

Riwayat diabetes di keluarga

Umur (risiko meningkat seiring usia bertambah)

Riwayat diabetes saat hamil (diabetes gestasional)

Riwayat berat badan lahir rendah 

2. Faktor risiko yang dapat dimodifikasi:

Berat badan lebih (IMT >23, atau BB >120% BB idaman), Aktivitas fisik kurang; hipertensi (tekanan darah >140/90 mmHg), Dislipidemia (kolesterol HDL=35 mg/dL, trigliserida ≥250 mg/dL), Memiliki riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah, Diet tidak sehat (asupan tinggi gula dan rendah serat)

Diabetes dapat didiagnosis dengan salah satu hal berikut:

Kadar gula darah puasa Anda sama dengan atau lebih besar dari 126 mg/dLHasil tes gula darah sewaktu (hasil pemeriksaan sesaat pada suatu hari tanpa memperhatikan waktu makan terakhir ) lebih dari 200 mg/dL disertai dengan gejala klasik

Anda memiliki tes toleransi glukosa oral dengan hasil lebih dari 200 mg/dL

Tes A1c Anda lebih besar dari 6,5%

Untuk menjaga agar kadar gula tetap normal, setelah mengetahui faktor risiko di atas, Anda perlu melakukan perencanaan makanan yang sehat disertai meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga. Ketika telah terdiagnosis mengalami diabetes, yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi obat diabetes secara rutin. Dapatkanlah obat diabetes dengan cara memeriksakan diri Anda terlebih dahulu ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menurunkan kadar gula darah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar