Sukses

Hand Foot and Mouth Disease

25 Dec 2018, 12:21 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya punya anak umur 5tahun, dia demam tinggi sdh 3hari tenggorokan sakit klo buat menelan makanan dan bibir nya keting pecah2 seperti panas dalam, setelah sy bw ke klinik terdekat dan obat jg sdh hbis semua penyakit itu sdh lbih baik tpi ko telapak tangan dan kaki nya skrng wrna nya merah ga sprti biasa nya org pd umumnya, dan anak sy msih lemas ktnya klo buat jln tu rasanya lemas, penyakit apa itu dok,, mohon di bantu

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami menduga anak Anda mengalami HFMD atau flu singapura. HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) yang disebut juga dengan flu Singapura bukanlah jenis flu biasa yang kita kenal, sesuai dengan sasaran serangan penyakit tersebut (mulut, tangan dan kaki). 

Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut merupakan infeksi virus ringan yang sangat menular yang sering ditemukan ada anak-anak. Disebut demikian karena gejalanya memang dapat dilihat pada ketiga bagian tubuh tersebut. Pada mulut, muncul vesikel-veskel yang kemudian pecah membentuk luka yang bergaung (ulkus) pada lidah, gusi, dan pipi bagian dalam. Luka ini tentunya terasa nyeri sehingga penderita menjadi sulit menelan. Sedangkan pada kulit telapak kaki dan tangan akan muncul lesi-lesi merah yang datar atau benjolan kecil (papul), beberapa seperti gelembung kecil (vesikel) yang tidak disertai rasa gatal. Beberapa dapat ditemukan pada bokong.

Pada tahap awal penyakit gejala yang ada seperti gejala infeksi virus lainnya, yaitu demam, penurunan nafsu makan, rasa lemas/tidak enak badan (malaise), dan sakit tenggorokan. Rentang waktu antara masuknya virus ke dalam tubuh sampai munculnya gejala biasa 3 - 7 hari. Sedangkan, luka di mulut baru muncul 1 – 2 hari setelah mulainya demam, diikuti oleh lesi pada kulit. Karena merupakan infeksi virus, penyakit ini akan membaik sendiri dalam 7-10 hari ketika antibodi tubuh sudah terbentuk (self-limiting disease).

Kami sarankan anak Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik untuk diagnosis pasti dan diberikan penanganan yang optimal.

Karena penyakit ini merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri (self limiting disease) maka tidak terdapat terapi yang spesifik. Untuk meningkatkan daya tahun tubuh, penderita sebaiknya tetap makan makanan yang bergizi dan banyak beristirahat. Untuk mencegah dehidrasi, dianjurkan minum yang banyak. Susu lebih dipilih daripada minuman yang bersifat asam seperti jus buah dan soda. Sedangkan untuk mengatasi penyerta seperti demam dan nyeri yang ditimbulkan, dapat diberikan obat anti-piretik dan analgetik seperti parasetamol.

Untuk membantu mengatasi rasa nyeri di dalam mulut, penderita dapat minum air es, susu dingin, es krim baik yang berupa krim maupun batangan. Untuk membersihkan mulut, mengurangi nyeri dan peradangan, dianjurkan melakukan kumur-kumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari. Campurkan ½ sendok teh garam dengan 1 cangkir air hangat. Makan makanan yang lembek yang tidak membutuhkan kunyahan seperti bubur. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar