Sukses

Penyebab Berat Badan Berlebih

24 Dec 2018, 14:39 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalamualaikum dokter, saya memiliki masalah kelebihan berat badan. Kata beberapa teman, saya gemuk karena sering begadang. Benarkah demikian?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Penyebab Berat Badan Berlebih.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Kelebihan berat badan umumnya terjadi karena asupan kalori lebih besar dibandingkan kalori yang keluar.

Penurunan berat badan yang baik adalah menyeimbangkan antara asupan masuk dan keluar. Artinya, untuk menurunkan berat badan, masukan kalori atau makanan anda harus lebih sedikit dari pengeluaran anda. Hal ini sangat efektif bila dilakukan dengan cara berdiet (mengurangi makan) dan berolahraga. Olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme.

Makanan yang Anda konsumsi justru harus teratur. Usaha Anda dengan membuat pola makan Anda menjadi tidak teratur justru membuat Anda semakin sulit menurunkan berat badan.

Penurunan berat badan yang baik tidak boleh drastis dan harus dilakukan secara bertahap. Dalam 1 minggu anda dapat menurunkan berat badan antara 1-2 kg, paling banyak 3 kg. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein. Anda makan malam sebaiknya dibatasi sampai jam 7 malam, apabila lebih dari jam tersebut, anda dapat mengonsumsi buah atau sayur. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks. Batasi makanan gorengan dan perbanyak makanan rebus, kukus, atau panggang. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari). Dan saran yang terakhir adalah berolahragalah secara teratur (3x/minggu) apabila ingin mendapatkan hasil optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penyebab Berat Badan Berlebih. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar