Sukses

Obat diet?
24 Des 2018, 12:42 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya mau nanyak , saya mempunyai tubuh yang obesitas , saya membaca iklan thermolite plus obat yg untuk diet menghilangkan lemak yang sudah di jual di apotik, yang saya tanyakan apakah obat ini aman untuk saya konsumsi karna saya dlu punya tmn yg mninggal karna mengonsumsi obat diet jadi saya agak takut .

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Untuk mengurangi berat badan akan lebih baik jika anda terlebih dahulu melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang.

Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan  untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan dokter spesialis kedokteran olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

Terkait pertanyaan Anda mengenai obat-obatan untuk menurunkan berat badan, memang terdapat obat yang relatif aman digunakan, misalnya orlistat. Namun penggunaanya sebaiknya dalam pengawasan dokter. Dan bagi anda yang menderita liver harus terlebih dahulu disesuaikan dengan kondisi organ hati Anda saat ini.

Untuk itu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi berat badan, sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter yang menangani anda saat ini.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar