Sukses

Menangani Mucocele Pada Bibir

24 Dec 2018, 11:47 WIB
Pria, 19 tahun.

Pagi dok, saya ingin bertanya.. di bibir bawah saya terdapat mucocele sebanyak 2, dokter menyarankan untuk operasi kecil (bedah mulut) tapi saya sangat amat takut dok.. saya gak berani melakukan nya karna saya sudah liat cara bedah mulut mucocele di youtube dok.. apa yg harus saya lakukan dok? dan apa pantangan makanan dalam penyakit ini dok? Terima kasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai mucocele, air liur kita dialirkan dari kelenjar air liur ke dalam mulut melalui suatu saluran kecil yang disebut duktus. Terkadang bisa terjadi ujung duktus tersumbat atau karena trauma misalnya bibir sering tergigit secara tidak sengaja, sehingga air liur menjadi tertahan tidak dapat mengalir keluar dan menyebabkan pembengkakan, yaitu mucocele.

Penanganan mucocele ini meliputi pembedahan dan penanggulangan faktor penyebab, karena apabila hal ini disebabkan oleh trauma kebiasaan buruk maka kebiasaan buruk tersebut  harus diatasi juga guna mencegah mucocele timbul kembali. Pada beberapa keadaan tertentu mucocele dapat sembuh dengan sendirinya.

Faktor pencetusnya antara lain : karena kebiasaan menggigit bibir, atau bibir sering tergigit saat makan, ada bagian gigi yang menonjol sehingga sering berkontak dengan bibir bagian dalam yang mungkin secara tidak sadar anda mengalaminya. Penyebaran mucocele bisa terjadi apabila mukosa didaerah tersebut terkena iritasi yang berulang-ulang.

Mucocele biasanya harus diangkat. Berkat kemajuan teknologi kini penanggulangan mucocele dalam menggunakan laser. Beberapa dokter kini juga menggunakan injeksi kortikosteroid sebelum melakukan pembedahan, kadang hal ini dapat mengempiskan pembengkakan. Jika berhasil maka tidak perlu dilakukan pembedahan.

Kami menyarankan sementara menunggu jadwal operasi, agar menghindari faktor pencetusnya supaya mukokel tidak bertambah besar. Konsumsi makanan yang sehat, pola hidup yang teratur agar tidak timbul infeksi sekunder yang menyertainya.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

1 Komentar