Sukses

Mengatasi Bau Mulut

23 Dec 2018, 11:45 WIB
Pria, 41 tahun.

Dok saya mau tanya, sudah kurang lebih 1 tahun saya mengalami bau mulut... saya sudah ke dokter gigi bersihkan karang gigi, dan memang gigi geraham atas mengalami penurunan gara-gara gigi bawah sudah dicabut, saya mau cabut gigi yang menyusut itu karena saya yakin bau berasal dari situ, sisa-sisa makanan yang masuk ke dalam.... saya 2 kali ke dokter untuk meminta dicabutkan.... tapi dokter tidak mau, katanya giginya belum pernah sakit, terus dokternya takut cabut karena katanya akarnya panjang dan susah dicabut,,,,, pertanyaan saya dok, bagaimana solusinya, apa yg harus saya lakukan apakah tetap dicabut atau dirawat dan kalau dirawat bagaimana? sudah saya sikat dengan petunjuk dokter, pake cairan kumur listerin tapi tetap bau dok.... gimana ???

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang Anda sampaikan penurunan  gusi bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bau mulut. penurunan pada gusi bisa terjadi oleh karena tidak ada gigi antagonisnya. Memang sebaiknya gigi yang sudah hilang segera dilakukan penggantingan agar fungsi pengunyahan dapat berjalan dengan baik.

Sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan kembali dengan dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya secara pasti sehingga dapat dilakukan perawatan yang tepat. Namun bila perawatan faktor lokal sudah ditangani tetapi bau mulut masih tetap ada, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit dalam karena bisa dicurigai adanya penyakit sistemik.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar