Sukses

Cairan Otak Janin Berlebih
23 Dec 2018, 09:24 WIB
Wanita, 29 tahun.

Siang dok, saya baru td malam usg kandungan, kehamilan saya di usg 28 mggu. Kata spog yg memeriksa ada cairan dikepala janin yg berlebihan. Apakah cairan itu bisa menyusut Atau permanen,dok? Letak janin juga sunsang. Dikasi obat sm spognya dan kemudian kontrol kembali setelah 2 mggu. Ssaya ingin pendapat dr dokter. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kelebihan cairan di dalam otak janin disebut dengan hidrosefalus. Penyebabnya dapat berupa akibat penyerapan cairan yang kurang baik ke aliran darah, atau akibat adanya hambatan pada aliran cairan otak. Ini bisa dipicu oleh adanya infeksi pada ibu hamil, seperti TORCH, adanya massa di otak, spina bifida, atau kista di otak.

Cairan ini masih bisa kembali normal, karena itu membutuhkan pemantauan. Apabila dalam 2 minggu tidak berkurang, umumnya ibu hamil akan dirujuk ke ahli kebidanan yang konsultan fetomaternal, yang ahli kesejahteraan janin. Dengan demikian, bisa tampak jelas apakah memang ada kelainan pada otak janin atau tidak.

Sebaiknya ikuti anjuran dokter kandungan Anda terlebih dahulu. Bila Anda tidak yakin, silakan lakukan second opinion dengan dokter kandungan lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar