Sukses

Penanganan Saraf Terjepit

23 Dec 2018, 09:24 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dok, bbrp thn ini ibu sy mengeluh sakit dibagian pinggan belakang. Sdh ke dokter dan katanya sarafnya terjepit. Hasil dr radiologinya ini dok. Kesan: Alignment normal, tak tampak listhesis. Minimal bulging disc L 3-4 menekan ringan thecal sac dan foramen neuralis kanan dan kiri Broad base disc protrusion L 4-5 disertai mild facet joint hypertrophy dan penebalan ringan ligamentum flavum menyebabkan canal stenosis dan foraminal stenosis kanan dan kiri cukup berat yang mengkompresi radix. Tak tampak signal patologis pada medulla spinalis. Kata dokter, sdh berat dan disuruh operasi. Apakah itu benar? Krn ibu dan sy sndr takut klp hrs operasi. Mohon saran bagaimana biar segera membaik ya dok.. Atas informasi dan pencerahannya sy ucapkan trima ksh

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi ibu Anda.

Yang Ibu Anda alami yakni saraf terjepit yang dalam bahasa medis disebut dengan hernia nucleus pulposus (HNP).

Pada HNP, bantalan antar tulang belakang (vertebra) menonjol sehingga menekan saraf yang lewat di sekitarnya. Penderitanya umumnya mengeluh nyeri, kesemutan, atau kelemahan di anggota tubuh (bisa di lengan atau tungkai bawah) tergantung posisi vertebra yang terlibat. Jika penekanan lebih berat, seseorang dapat merasakan nyeri meski hanya disentuh.

Melihat hasil radiologinya, kelainan yang dialami ibu sudah cukup berat karena sudah mengompresi radiks. Penekanan ini bisa semakin meluas dan menimbulkan rasa nyeri yang amat hebat, bahkan saat disentuh, dan lama-kelamaan bisa juga terjadi kelemahan otot, mengompol dan tidak bisa menahan BAB hingga kelumpuhan.

Terapi untuk HNP dibagi menjadi 2, yaitu terapi konservatif dan operasi. Terapi konservatif (utamanya menghindari posisi-posisi yang menimbulkan nyeri, exercise dan penggunaan obat-obat antinyeri) dapat meringankan gejala pada 90% kasus HNP. Namun, perlu diingat ini hanya meringankan gejala dan tidak mengobati penyebab (yakni penekanannya). Karena itu, terapi yang memang disarankan pada kasus ibu Anda yakni operasi untuk melepaskan penekanan saraf tersebut.

Setelah operasi, pasien perlu melakukan fisioterapi dan olahraga khusus sesuai anjuran dokter.

Bila ibu Anda sudah mengalami keluhan HNP yang berat, sebaiknya ikuti anjuran dokter yang memeriksa.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar