Sukses

Batuk Lama

22 Dec 2018, 09:42 WIB
Wanita, 18 tahun.

Hallo dokter,,, saya annisa medina sari, gini dok,, orang tua saya udah 15 hari sakit dok, dia udah berobat,trus udah minum obat kampung juga,, sekarang kondisi nya udah baikan dok, tapi dia bilang klau dia msih sakit, klau di lihat dari wajah dia kyk orang sudah sehat dok, tapi dia skrng batuk2 juga,, teus dia pun udah mau makan juga, saya pun heran dok, apa sakitnya sebenarnya, selama saya tinggl sama orang tua saya, baru kali ini sakitnya 15 hari, biasanya sakitnya kadang2 4 harian dok,

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Perlu diketahui informasi lain mengenai keluhan orang tua anda. Apakah ada gejala demam? Penurunan berat badan? Bagaimana dengan nafsu makannya? Apakah muncul keringat dingin pada malam hari? Apakah terdapat keluhan sesak? Sudahkah dilakukan foto rontgen dada, dahak dan laboratorium sebelumnya?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang Anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  • Asma
  • Infeksi: Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi Mikopalsma, infeksi sinus
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): Penyakit reflux biasanya disertai keluhan rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  • Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) P
  • ost Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung) 

Jika keluhan orangtua Anda disebabkan karena alergi, maka batuk Anda tidak membahayakan lingkungan sekitar. Namun, jika batuk Anda disebabkan karena infeksi TBC maka batuk Anda dapat menularkan orang disekitar Anda.

Kami menganjurkan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis paru agar dapat dilakukan pemeriksaan untuk menentukan diagnosis pasti dan menyingkirkan kemungkinan lain selain asma seperti tuberkulosis. Mungkin juga diperlukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen paru atau pemeriksaan dahak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar