Sukses

Obat Jantung Konsumsi Jangka Panjang Amankah?
20 Dec 2018, 15:40 WIB
Pria, 42 tahun.

Dok saya sedang berobat jantung.. Apakah obat2 jantung yang saya makan rutin tidak akan ada efek negatifnya.. Bagaimana mengatasinya.. Saya melakukan pemeriksaan setiap bulan pada dkter ahli jantung.. Terima kasih..

Terima kasih telah bertanya tentang Obat Jantung Konsumsi Jangka Panjang melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Obat jantung apa saja yang sedang Anda konsumsi? kami akan menjelaskan efek salahs atu obat yang umum dikonsumsi pada pasien jantung, yaitu clopidogrel. Obat anti pembekuan Clopidogrel memiliki kemampuan untuk membantu mencegah stroke dan serangan jantung untuk pasien dengan kelainan irama jantung (aritmia) yang meningkatkan kemungkinan stroke.

Clopidogrel merupakan obat anti pembekuan darah yang menghambat pembentukan bekuan di pembuluh darah sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke yang diakibatkan dari penyumbatan pembuluh darah. Risiko terbesar pemberian obat ini adalah terjadinya perdarahan. Perdarahan terkadang hanyalah perdarahan samar atau tersembunyi. Tanda-tanda terjadinya perdarahan yang harus segera dilaporkan adalah urin (air seni) yang berwarna hitam atau kemerahan, feses atau tinja hitam, dan kejadian memar-memar yang tidak biasa.

Perdarahan dapat berujung menjadi anemia dengan gejala lemas dan lelah. Efek samping lainnya dari clopidogrel adalah diare dan reaksi alergi yang menyebabkan rash atau kemerahan.

Tentu efek samping klopidogrel dan obat jantung lainnya dapat diminimalisir dengan kontrol rutin dan evaluasi berbagai kerja organ tubuh melalui pemeriksaan lab.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Obat Jantung Konsumsi Jangka Panjang. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar