Sukses

Anak Diare Setelah Minum Susu Formula

20 Dec 2018, 14:29 WIB
Pria, 26 tahun.

hallo dok, anak saya umur 7 bulan. dia sudah tidak mau minum asi saya dan mau tidsk mau saya kasih sufor, tp kenapa bayi saya sering mencret ya dok? apakah susu yang saya berikan tidak cocok? saya sudah berbagai merk susu saya gunakan. tp tidak pernah cocok. apakah tidak apa-apa kalo anak saya tidak saya kasih susu? dan beratnya juga kurang yaitu cuma 6,4 kg saja. saya takut kalo tidak diberikan susu gizinya dan berat badannya kurang. maksih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya tentang Anak Diare Setelah Minum Susu Formula melalui fitur Tanya Dokter

Kami sangat memahami kekhawatiran Anda. Salah satu kemungkinannya adalah anak Anda memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Salah satu cara mendiagnosis alergi susu sapi yang tepat adalah dengan challenge test. Anak akan disuruh untuk berhenti mengkonsumsi susu formula selama kira-kira 1 minggu, dan hanya mengonsumsi ASI dan , kemudian dokter akan menyuruh anak untuk menkonsumsi kembali susu tersebut. Jika timbul reaksi alergi yang sama, maka diagnosis alergi susu sapi dapat ditegakkan.

Apabila seorang anak benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak tersebut menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen penyebab. Gantilah susu yang dikonsumsi anak tersebut dengan susu lain yang lebih hipoalergenik (HA). Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi (pada usia 2-3 tahun).

Selain itu keadaan anak Anda dapat disebabkan oleh intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa merupakan keadaan kurangnya enzim laktase yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna laktosa (gula susu) yang terkandung di dalam susu. Laktosa yang tidak terproses tersebut akan bertahan di dalam usus dan mengalami fermentasi, sehingga usus terasa tidak nyaman, termasuk sakit perut, kembung, sering buang angin dan diare. Bagaimana dengan anak Anda? Selain mempertimbangkan masalah intoleransi laktosa juga perlu diperhatikan faktor lain seperti pembuatan susu formula apakah terlalu pekat sebelumnya, juga perlu dipertimbangkan perkembangan usia yang memang disertai dengan perubahan frekuensi BAB.

Jika kondisi ini sangat mengkhawatirkan Anda. Kami sarankan Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak yang menangani anak Anda untuk mengevaluasi gejala dan pengobatan..

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Anak Diare Setelah Minum Susu Formula. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar