Sukses

Sisa Akar Gigi Yang Tertinggal

20 Dec 2018, 15:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya mengalami pulpa polip gigi geraham bawah, karena lubangnya besar dan mahkotanya tipis, dokter mengambil tindakan cabut gigi, ketika dicabut dengan proses yang lama karena mahkota dan akar terpisah, dan gigi juga rapuh, setelah diusahakan sedemikian, masih terisa 1 akar belum tercabut, karena akarnya sudah kebawah dan akarnya besar, jadi pencabutannya ditunda selama 2-3 bulan, mudah-mudahan akranya bisa ke atas karena bergesernya gigi yang lain. pertanyaannya, bahayakah akar yang tertinggal itu? tindakan apa yang tepat untuk bisa membuat akar tertinggal mudah dicabut. terimakasih 🙏

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Sisa akar gigi yang tertinggal saat pencabutan biasanya dapat naik ke permukaan dengan catatan sisa akar tersebut normal, tidak ada granuloma/ penyatuan tulang/ akar bengkok dan biasanya tidak terasa sakit, kecuali jika gusi di sekitar sisa akar mengalami infeksi. Jika sisa akar gigi tidak diambil akan berpotensi untuk menjadi penyebab infeksi. Karena sisa akar bisa menjadi tempat yang baik bagi kuman untuk berkembang biak. Dan sisa akar gigi seringkali kurang terjaga kebersihannya karena tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi, sehingga sering menjadi infeksi. Infeksi sisa akar gigi biasanya menimbulkan rasa sakit yang hebat dan bengkak.

Kami sarankan bila anda memiliki sisa akar yang tertinggal, uapayakan untuk mencabut gigi tersebut agar tidak beresiko untuk membuat masalah baru di dalam mulut.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar