Sukses

Pengobatan Vitiligo

20 Dec 2018, 04:09 WIB
Pria, 17 tahun.

dok saya mempunyai vitiligo di spot dekat mata yang dekat sama alis saya ingin mengajukan berobat dengan menggunakan protopic apakah berbahaya? fyi katanya protopic jarang yang di pakai area wajah terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami menduga penyakit kulit yang Ayah anda alami adalah vitiligo. Kami akan sedikit memberikan penjelasan mengenai penyakit ini.

Vitiligo, suatu kondisi terganggunya pigmentasi kulit karena melanosit (sel pembentuk pigmen) di area tersebut hancur atau rusak. Bentuk klinis dari kondisi ini adalah bercak putih pada area yang terkena.

Hingga kini, faktor penyebab vitiligo masih belum diketahui dengan pasti. Genetik dan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh ditengarai berperan. Faktor pemicu timbulnya bercak putih ini adalah paparan sinar matahari dan atau stres.

Tata laksana vitiligo ditujukan pada fungsi kosmetik. Terapi harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilihan terapi diberikan sesuai dengan jumlah, lokasi ukuran dan penyebaran bercak putih pada tubuh.

Adapun golongan jenis terapi yang saat ini direkomendasikan para ahli adalah :

  • Terapi topikal (oles)
    • Steroid topikal
    • Psoralen (fotokemoterapi)
    • Tabir surya
  • Operasi
  • Terapi tambahan lainnya

Kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi terbaik dari kondisi yang ada.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar