Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Terlambat Haid dan Postinor

20 Dec 2018, 02:35 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, saya mau bertanya mngenai mnum postinor , soalnya telat haid dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar telat haid dan efektifitas postinor melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. 

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, selama 2-8 hari, dan volume darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari (1-6 pembalut per hari). Bagaimana dengan volume darah yang keluar?

Beberapa kondisi yang menjadi ciri haid tidak teratur, yakni:

Terjadi perdarahan di luar siklus haidJumlah darah lebih banyak, dan perlu mengganti pembalut tiap 1–2 jam atau harus mengenakan pembalut gandaLama haid lebih dari 7-8 hariHaid terjadi lebih dari 1 kali dalam sebulanTidak haid dalam kurun waktu >90 hariMenstruasi tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamamenyusuipasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30stress psikologisatletkekurangan vitamin Kpenggunaan obat-obatan tertentu (seperti KB hormonal)kelainan pembekuan darahgangguan hormon tiroidgangguan organ reproduksi, (seperti Polycystic Ovary Syndrome, infeksi ronggal panggul, dsb)Apakah Anda memiliki faktor di atas?

Postinor memang efektif untuk menghentikan kehamilan bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan. Sebenarnya efek samping dari postinor sangat minimal namun terkadang dapat menyebabkan spotting atau pendarahan coklat sedikit 2 - 3 minggu setelah konsumsi postinor. Postinor bekerja dengan cara mengentikan proses pemempelan telur ke dinding, atau menghentikan keluarnya telur. Postinor langsung bekerja saat dikonsumsi, namun sebenarnya lebih efektif sesaat setelah berbuhungan tanpa proteksi. Keefektifan postinor bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan adalah 97 - 99%. Dan berkurang fungsinya bila digunakan berulang dalam waktu yang berdekatan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai telat haid dan efektifitas postinor. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar