Sukses

Gejala Ambeien

20 Dec 2018, 02:24 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya mau tanya. Saya kan beberapa hari ini sering ngeluh sakit tulang ekor saya kalau mau tidur atau selapas bangun dari tidur sakiynya itu minta ampun banget dok, terus menjelang beberapa hari, saya ke toilet terus saya BAB, eh taunya dok ada darah merah segar keluar dari anus saya, tapi tidak terasa sakit, hanya tulang ekor saya saja yang sakit setiap kalo saya mau melakukan gerakan seperti, tidur, jongkok, duduk terlalu lama. Kira-kira penyebabnya apa ya dok??

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari informasi yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda mengalami gejala ambeien. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Jadi sebuah wasir tidak akan menjadi kanker. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda.

Gejala hemorrhoid eksterna adalah:

Wasir jenis ini dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya akan menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

 Gejala hemorrhoid interna adalah:

Merupakan wasir yang muncul didalam rektum. Biasanya wasir jenis ini tidak nyeri. Jadi kebanyakan orang tidak menyadari jika mempunyai wasir ini. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Jika wasir jenis ini tidak ditangani, maka akan menjadi prolapsed and strangulated hemorrhoids.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar