Sukses

Anak Batuk Kering
18 Dec 2018, 10:13 WIB
Wanita, 26 tahun.

Asskum dok, dok saya mempunyai anak usia 5 th, sudah 1 bulan lebih batuk kering. 1 minggu terakhir batuk sama flu. Sudah saya bawa ke dr spesialis anak tp tidak ada perubahan juga. Apa Sebaiknya saya konsultasikan ke dokter paru ya dok? Soalnya saya khawatir ada apa2 dan berat badan anak saya juga tidak ada peningkatan. Padahal tergolong anak yang makannya lahab.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anak Anda alami termasuk di dalam batuk kronis bila batuk terjadi lebih dari 3 bulan. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

 Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak) Asma Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru) GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)Common Cold : Disertai pilek dan gejala flu lainnya, diakibatkan oleh infeksi virus dan daya tahan tubuh menurunApakah ada riwayat asma atau alergi dalam keluarga? Apakah imunisasi dasar anak Anda lengkap? Apakah anak Anda sudah pernah matoux test? Adakah disekitar lingkungan anak Anda yangmengalami batuk-batuk lama? Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasikan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk diperiksa lebih lanjut agar diketahui penyebab batuknya dan diobati secara optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar