Sukses

Ancaman Abortus

17 Dec 2018, 14:27 WIB
Pria, 40 tahun.

aslkm dr sya dgn ibu siti sya hamil 8 minggu tiba2 keluar darah dari vagina disertai sakit perut bgian bawah kanan smpai belakang sakitny sperti wktu haid,sya lngsng ke puskesmas dari puskesmas di nyatakn sya hrs usg lngsng sya ke rmh sakit sya ke dr spesialis kandung sya lngsng usg hri itu jga slsai usg hasilny sya di nyatakn trancam abortus.mmg kndungn lgi tdk baik posisiny tdk lurus jdi lgi trancm abortus dr ksih obat pnguat kndungan dn di suruh istrhat total dirmh dn skr sdh hari 3 tp blm ada reaksi apa2 blm hbs rasa khwtr sya soalny darah msih aja keluar bnyk darahny awalny agak coklat tp pas hri 3 kluarny darah segar tp agak ada kental2 sdkit dn sakit perut sya tdk hilang apalgi kalo lgi mnum obat yg di ksih dr yg sya ingn tnyakn smpai kpn kelur darahny apa lama skli krn di srankn dr sya dlm 2 mnggu hrs balik lgi usg sya bngung apa dlm 2 mnggu itu darahny sdh brhenti atau msih keluar.sblmny mksih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya seputar keguguran melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi Anda.

Perdarahan setelah Anda positif hamil memang kerap dikaitkan dengan keguguran. Terkait kondisi kantong janin yang belum terlihat di USG bisa menandakan 2 hal:

1. Abortus iminens (keguguran yang mengancam) di mana seorang wanita yang telah positif hamil mengalami perdarahan seperti haid tanpa disertai pembukaan serviks (leher rahim). Keguguran jenis ini masih bisa 'diselamatkan' dengan perawatan kehamilan dan kontrol rutin. Janin mungkin belum terlihat dari USG karena masih terlalu kecil. Karena itu, disarankan untuk kontrol ulang ketika usia kehamilan sudah mencapai 8 minggu atau lebih.

2. Abortus komplit, dalam arti janin sudah keluar sepenuhnya dan tidak tersisa jaringan di dalam rahim. Hal ini pun bisa terlihat sebagai rahim yang kosong di USG.

Bila darah yang keluar tidak kunjung berhenti, nyeri perut masih ada, dan darah yang keluar mulai kental, dikhawatirkan proses terjadinya keguguran terus berlanjut. Adapun obat yang diberikan dokter, tidak ada kaitan dengan munculnya nyeri perut dan pertambahan darah. Kami sangat menyarankan agar Anda segera berkonsultasi kembali tanpa menunggu 2 minggu, karena tujuan penanganan adalah agar jangan sampai proses kegugurannya berlanjut. Selain itu, tetap perbanyak istirahat dan hindari kerja berat selama menunggu kunjungan ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar keguguran. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar