Sukses

Hasil Pemeriksaan Hati Tidak Normal

17 Dec 2018, 12:52 WIB
Pria, 20 tahun.

Assalamualaikum Dok, saya telah melakukan MCU, dan pada salah satu hasil tes yaitu fungsi Hati di dapat hasil SGOT melebihi normal dan cukup tinggi bipa normalnya 10-50 u/L saya memiliki hasil 69 kira kira gejala apa yg saya harus lakukan agar angka tersebut kembali ke normal? Apa perlu vaksinasi hepatitis B? Karena orang tua saya juga tidak mengingat vaksinasi apa saja yg telah di lakukan, hanya ingat imunisasi sampai selesai saja ūüėĀ Terimakasih Wassalamualaikum

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Nama lain dari SGOT adalah serum glutamic pyruvic transaminase atsu di singkat juga ALT yaitu Alanine aminotrasferase. dan Aspartate aminotransferase (AST) yang nama lainnnya adalah serum glutamic oxaloacetic  transaminase SGOT.

SGOT dan SGPT merupakan sejenis enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut dapat keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terdapat di dalam darah.

Biasanya pada pemeriksaan enzim hati pada hepatitis akut didapati adanya kadar yang tinggi SGOT dan SGPT sampai 20-50 kali normal dengan SGPT lebih tinggi SGOT daripada SGPT (SGOT/SGPT < 0,7). Bila nilai Anda hanya meningkat sedikit, kecil kemungkinan hal tersebut terjadi karena infeksi (misalnya infeksi hepatitis B). Imunisasi hepatitis B juga tidak bermanfaat untuk menurunkan SGOT/ PT. Yang perlu Anda lakukan adalah mengira-ngira penyebab kerusakan hati yang mungkin sedang terjadi.

Misalnya penyebabnya adalah konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama, konsumsi alkohol berlebihan, kurang konsumsi makanan yang sehat dan mengandugn serat. Anda juga bisa mencoba konsumsi makanan yang mengandung curcuma karena menrut studi bisa memperbaiki fungsi hati.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

0 Komentar

Belum ada komentar