Sukses

Kapan Harus CT Scan Setelah Kepala Terbentur?

16 Dec 2018, 11:19 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat siang dok, saya mau tanya, kemaren kemaren saya bermain dengan saodara saya dan saat bermain tidak sengaja kepala saya terbentur dinding, setelah itu kepala saya benjol dan sakit, setelah beberapa hari kepala saya masih sakit tapi benjolan sudah tidak ada, apa perlu di lakukan ct scan ?? karena saya lihat juga biaya untuk ct scan juga bukan murah,, tolong di bantu dok terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Nyeri yang Anda rasakan adalah hal yang normal karena jaringan yang mengalami benturan akan mengalami peradangan serta desakan dari daerah yang benjol. Daerah benjol ini adalah pembengkakan jaringan serta gumpalan darah yang terbentuk akibat robekan pembuluh darah kecil. Anda tidak perlu khawatir, berdasarkan penelitian yang dipublikasi di Journal of Emergencies, Trauma and Shock dari 388 orang yang mengalami benturan kepala ringan (kesadaran setelahnya tidak terganggu) hanya sekitar 3% nya saja yang mengalami gangguan otak dari hasil CT scan. Lebih dari 97% nya tidak ada gangguan apapun di dalam otaknya setelah benturan terjadi. Jadi, tidak semua benturan kepala memerlukan CT scan. Kondisi pasca benturan kepala yang memerlukan CT Scan diantaranya :

  • Nyeri kepala hebat dan menetap
  • Muntah- muntah
  • Penurunan kesadaran, cenderung mengantuk dan sulit dibangunkan, pingsan
  • Hilang ingatan

Bila terjadi kondisi seperti disebutkan di atas, maka Anda disarankan menemui dokter saraf untuk pemeriksaan secara menyeluruh dan kemudian dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti CT Scan atau MRI.

Benjol yang Anda alami merupakan penumpukan gumpalan darah akibat robekan pembuluh darah kecil serta bengkak akibat peradangan jaringan. Gumpalan darah ini perlahan akan diserap tubuh dan benjol akan sedikit demi sedikit berkurang. Lama prosesnya sangat bervariasi tergantung dari volume bekuan darah dan kemampuan penyerapan tubuh masing- masing orang. Beberapa obat yang dapat menghambat proses penyembuhan ini diantaranya aspirin, dan obat- obat pengencer darah yang biasa dipakai pada pasien jantung, Bila Anda sedang mengkonsumsi obat tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda agar dapat diberikan solusi yang terbaik.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan Anda segera pulih ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar