Sukses

Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik

15 Dec 2018, 17:14 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualaikum wr wb dok Nama saya linda. Saya menikah di bulan juli setelah itu saya memutuskan untuk ikut kb suntik 3 bulan sekali. Namun di karenakan suami menginginkan saya hamil saya berhenti ikut kb suntik, akhirnya saya lepas dari kb suntik 3 bulan. Namun semenjak saya ikut kb suntik 3 bulan saya mengalami menstruasi yang tidak teratur. Tiap hari saya haid dan saya merasa kepala pusing, perut sakit, pinggang sakit, sampai saya merasa mual mual seperti orang hamil Tolong di jawab dok, apakah haid saya normal atau efek kb suntik 3 bulan. Atau ada yang tidak benar dengan rahim saya? Terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. 

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Apabila saat ini Anda masih berada dalam waktu 6-12 bulan pasca pemakaian suntikan KB dihentikan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun apabila sudah melewati jangka waktu 6-12 bulan, siklus haid Anda belum kembali normal juga, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar